Breaking News

SUARA JEMBER NEWS, Jember- Kali ini Bupati Hendy Siswanto menyempatkan pergi meninjau ke lokasi TPA Pakusari, Jumat (27/8/2021). Dalam kunjungan kerja hari ini tampak Bupati dan Rombongan takjub dan sangat kagum terhadap pengolaan yang ada Di TPA Pakusari ini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hendy menyampaikan bahwa TPA Pakusari ini terkelola dengan baik, kondisinya rapi, ada taman bermainnya, spot foto, sehingga terlihat asri dan tidak bau sama sekali.

“Mohon maaf, saya baru pertama kali kesini, ternyata sampah juga bermanfaat untuk masyarakat jika dikelolah dengan baik,” ujarnya,

Namun demikian masih perlu adanya peningkatan pengolahan sampah lebih lanjut. Dia menyebut setidaknya ada 160 ton sampah setiap hari di TPA Pakusari ini.

Hendy menambahkan jika musim pendemi ini telah usai, pembuangan sampah akan lebih numpuk lagi. “Jadi diperlukan management  untuk mengurangi, akar tidak semakin numpuk, seberapa luas pun tanah yang kita siapkan tidak akan cukup,” jelasnya

Bupati Hendy mengaku saat ini pihaknya sedang merumuskan Perda Sampah sebagai landasan hukum manajemen pengelolaan sampah di Kabupaten Jember.

Dia juga memerintah dinas terkait untuk menciptakan sistem terintegrasi dalam pengelolaan sampah ini, dan Bupati Hendy akan membuatkan inovasi untuk pemanfaatan sampah.

“Kita juga akan gandeng stakeholder dari Prancis, jadi mereka akan membersihkan sungai. Sungai itu dibendung dengan alat yang ringan jadi sampahnya akan mengendap, mereka akan membersihkan sendiri dan akan dikelolanya tapi tetap bersama-sama dengan masyarakat sekitar,” jelas Bupati Hendy. (jon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »