Breaking News

SUARA JEMBER NEWS, Jember – Kekayaan yang dimiliki Jember sangat melimpah dan banyak potensi, hal tersebut bisa dimanfaatkan dalam sentra UMKM sehingga menjadi kebanggaan Masyarakat Jember dalam peningkatan perekonomian.

Hal ini dibuktikan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto dalam kunjungan langsung beberapa UMKM, diantaranya yang dimulai dari kebun buah Naga Rembangan, produksi kue Kacang Mayang ,Pengolahan Makaroni Sumbersari, Pertanian Porang di desa Kertonegoro, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, BIN Cigar, dan terakhir Kebun teh Gunung Gambir yang berletak di Pasi, Kec. Sumberbaru, 06 Oktober 2021.

Bupati memetik buah naga khas Jember

Saat melakukan kunjungan, Bupati Jember Hendy didampingi 2 putra  Jember yang sudah sukses di Jakarta yang pertama Bapak Ade Wayan Supadno, merupakan petani yang eksis dan berhasil di bidang pertanian. Selanjutnya adalah Bu Rina selaku Exportir dari Mutigo Indonesia. Keduanya merupakan orang Jember yang punya semangat tinggi untuk memajukan UMKM di Kabupaten Jember.

Dalam kesempatan ini Bupati secara langsung mengajak keduanya ke tempat-tempat produksi tersebut. Agar kedepannya bisa dikolaborasikan sehingga produk Jember bisa menjangkau pasar internasional.

Bupati beserta Rombongan di Kebun Teh Gunung Gambir

Pemerintah Kabupaten Jember dalam hal ini akan mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan penjualan yang terintegrasi dalam bentuk website. Sehingga melalui aplikasi tersebut diharapkan mampu menampilkan skaligus memasarkan produk unggulan UMKM dalam satu katalog berupa web.

“Nantinya siapapun yang masuk ke Jember cukup membuka web tersebut mereka sudah bisa melihat seluruh produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Jember”,jelas Bupati

“Kami juga akan ikut serta melakukan pengawalan. Tujuannya, untuk menjaga kualitas dan produktifitas serta mencari jalan keluar jika ada kendala-kendala yang dialami para pelaku UMKM nantinya,”lanjut Hendy Siswanto

Bapak Hendy menuturkan bahwa semua harus saling bersinergi dan bisa saling mengisi kekurangan. Misal,ada yang pengemasannya bagus, sedangkan yang lain kurang bagus. Jadi, bisa saling tukar pengetahuan dan berbagi sehingga sama-sama punya peluang untuk di ekspor produknya.

Dengan adanya kebangkitan UMKM diharapkan nantinya tak hanya masyarakat Jember yang dapat menikmati produk lokal warga Jember, namun masyarakat luar Jember sehingga peningkatan perekonomian yang diharapkan akan terwujud.(jon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »