Breaking News

Suara Jember News – Sebanyak 103 warga binaan Lapas Jember, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dikumpulkan pada Senin (06/03/2023) untuk verifikasi ulang data NIK sebagai persiapan menyambut Pesta Demokrasi, Pemilu 2024.

Mereka mencocokkan kembali nama, gambar kornea, maupun sidik jari untuk mendapatkan cetakan KTP baru sebagai syarat untuk memilih dalam Pemilu tahun depan.

“Pihak Lapas telah berkoordinasi dengan Dispendukcapil Jember dalam rangka Pemilu. Jadi kami membantu para warga binaan untuk menemukan lagi (data) KTPnya, kemudian kita cetak ulang,” ucap Ani Setyaningsih, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Jember.

Baca Juga :Kades Wirowongso Buka Open Tournamen Sepak Bola ” KADES CUP 1 ” U 40

Melanjutkan, dirinya juga menyebut bahwa 6 jajarannya juga turun langsung ke lapangan, untuk mencocokan data kependudukan.
Fakta tersebut dibenarkan oleh Hendri Astronino, Kasi Binadik Lapas Jember.

“Benar kami berkoordinasi dengan Dispenduk Capil dalam kegiatan ini. Kita harus melangkah cepat untuk persiapan Pemilu 2024, karena setiap tahun Lapas Jember pasti mendapatkan kesempatan untuk menjadi TPS bagi warga binaan. Kasihan bila ada warga binaan kami yang tidak bisa memilih karena tidak memiliki KTP,” ucap Hendri.

Sementara itu Sugiono, salah satu warga binaan Lapas Jember mengatakan sangat merasa terbantu dengan perekaman ulang KTP tersebut. “Saya berterima kasih atas kesediaan Lapas Jember dalam membantu kami mendapatkan KTP saya yang telah hilang. Temen – temen lainnya juga sangat terbantu, karena KTP adalah satu identitas yang sangat penting,” ucap warga binaan asal Kecamatan Rambipuji tersebut.

Perlu diketahui, hak memilih bagi warga binaan telah diatur dalam Pasal 51 Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Bahwa warga binaan memiliki hak politik, hak memilih, menjadi anggota partai politik sesuai dengan aspirasinya, dan menggunakan hak pilihnya.

(Sunarto)

One thought on “Sambut Pemilu 2024 Lapas Jember Berkoordinasi Dengan Dispendukcapil Verifikasi Data NIK Warga Binaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »