Breaking News

Suara Jember News, Jember- Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana di Desa Wirowongso ini dilaksanakan oleh Tim II PKK Kabupaten Jember yang dipimpin oleh Hj. Ervita Afdilah Sari, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember bersama anggota Tim yng terdiri dari TP PKK Kabupaten Jember Pokja I, III dan wakil pokja IV, DPMD, Pengurus Pik-R dan DP3AKB Kabupaten Jember.

Wakil Ketua PKK kabupaten Jember di dampingi oleh camat dan kepala desa Wirowongso 

Kegiatan Monitoring dan evaluasi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Nopember 2022, di mulai sejak pukul 12,30 WIB.

Unsur dari Kecamatan Ajung yang hadir yaitu Camat Ajung, DanposRamil Ajung beserta ibu Persid, Kapolsek Ajung beserta ibu bhayangkari, Ketua TP PKK Kecamatan Ajung beserta pengurus, Ka. Puskesmas Ajung, Kapala Desa, Ketua TP PKK Desa Wirowongso beserta anggota, DP3AKB Kecamatan Ajung, dan Kader Posyandu Desa Wirowongso.

Usai Acara penyambutan di Balai Desa Wirowongso, Tim dari Kabupaten Jember melakukan pengecekan administrasi ruang PKK Desa Wirowongso. Selanjutnya Tim bergerak untuk melakukan peninjauan lapang. Tim melihat dari dekat kegiatan Bina Keluarga lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Dasawisma, Pusat Pembinaan Keluarga (Pusparaga), Kesehatan lingkungan (Kesling) dan Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) dan Penanaman pohon Klengkeng secara simbolis di Dasawisma Jambu 68 Dusun Renes RT 01 RW 03 Desa Wirowongso.

Wakil Ketua PKK kabupaten Jember bersama dengan ketua tim penggerak PKK desa Wirowongso

Istri Wakil Bupati Jember tersebut mendorong para anggota PKK Desa Wirowongso untuk terus menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB) serta stunting.

Caranya dengan memberikan pendampingan secara serius bagi setiap warga yang hamil.“  Pencegahan stunting sejak dini. dapat dilakukan dengan pendampingan saat hamil, melahirkan, hingga 1.000 hari pertama kehidupan bayi,” kata Ning Vita.

Selain itu, makanan dengan nutrisi yang cukup juga berperan penting bagi ibu hamil dan menyusui. Ia menegaskan, makanan dengan nutrisi yang baik dan cukup, tidak selalu berasal dari makanan yang mahal.

Menurutnya, nutrisi yang baik dapat diperoleh dari makanan sehari-hari asalkan ada keseimbangan. Baik dari protein, karbohidrat, dan lemaknya.

Ning Vita juga mendorong agar PKK Desa Wirowongso Kecamatan Ajung mengarahkan masyarakat agar terbiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Utamanya memasuki musim hujan ini, saluran irigasi harus dipastikan tidak tersumbat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Wirowongso  Ana Subaida menyampaikan beberapa program yang telah dilaksanakannya di antaranya mewujudkan setiap rumah warga mempunyai tanaman pekarangan rumah, baik berupa pohon buah-buahan, sayuran dan toga.

“Dengan adanya tanaman pekarangan maka akan berdampak pada penghematan pengeluaran, misal menanam cabai maka tidak perlu lagi beli cabai, begitu juga sayuran, ini pula akan terbentuk ketahanan pangan lokal,” ujar Ana Subaida.

“Terima kasih kepada Ibu Wakil TP PKK Jember atas segala arahannya kepada kami dan kami bertekad untuk terus lebih baik lagi melayani masyarakat desa kami, utamanya dalam pencegahan stunting,” pungkasnya.( Sunarto)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »